GEDUNG NEGARA - Bupati H Dony Ahmad Munir menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di tiga kecamatan di Gedung Negara, Senin (9/11/2020). Penyerahan sertifikat merupakan  rangkaian Hari Agraria dan Tata Ruang (ATR) Tahun 2020 sekaligus program stimulus rakyat di tengah pandemi. BPN Sumedang menyerahkan 5.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sumedang dari target 25.000 sertifikat di tiga Kecamatan, yaitu Tanjungmedar, Tanjungkerta dan Jatinunggal. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengapresiasi kinerja BPN dalam menyelesaikan target kinerjanya. "Kami pemerintah Sumedang mengucapan terimakasih kepada BPN atas kerja kerasnya dalam menyelesaikan target kinerja, " katanya.

Menurutnya, masyarakat harus lebih produktif setelah menerima kemudahan dalam pembuatan sertifikat. "Manfaatkan sertifikat sebaik mungkin, apabila ingin disimpan di bank perlu ada target kinerja dan produktifitas yang jelas," katanya

Kepala BPN Sumedang Agus Sumiarsa menyampaikan Sumedang menargetkan pencetakan sertifkat sebanyak 25.000 yang harus diselesaikan. "Target 25.000 sertifikat yang harus diselesaikan disebar di 20 desa dari 3 kecamatan Tanjungmedar, Tanjungkerta dan Jatinunggal, untuk tahap awal baru 5.000 sertifikat yang akan dibagikan," katanya.

Pendataan sistematis diharap mengurangi sengketa tanah dan membantu pemerintah Sumedang dalam mentargetkan PAD Tahunan. "Dengan adanya pendataan yang sistematis diharap mampu mengurangi sengketa tanah dan kejelasan target PAD setiap tahunnya," kata Agus. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)