SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau langsung pembangunan Jalan Lingkar Utara, Senin (15/6/2020) sore. Menurut bupati, jalan ini dibangun menggunakan anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR sebesar Rp 27 miliar. Jalan yang dibangun sepanjang 3,8 Kmini dimulai dibangun dari titik nol di Kampung Eretan Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede, hingga Desa Pajagan Kecamatan Cisitu.

"Awalnya anggaran dari Kementrian PUPR untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ini Rp 38 miliar, namun karena pandemi Covid-19 alokasinya terpangkas jadi Rp 27 miliar," kata Dony.

Dony menambahkan pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ini adalah bentuk ikhtiar Pemda Sumedang menjadikan Jatigede sebagai kawasan wisata tingkat dunia. Di mana akses jalannya terpenuhi.

"Apa yang kami sampaikan kepada Pak Menteri (Menteri PUPR) membuahkan hasil yaitu supaya Jalan Lingkar Utara ini bisa secepatnya dibangun untuk mempermudah akses masyarakat di daerah Jatigede," ucapnya.

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede rencananya akan diteruskan hingga ke Pasiringkik Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu. Bupati berpesan kepada pelaksana pembangunan agar membangun jalan dengan kualitas yang baik, sehingga Jatigede layak menjadi kawasan wisata tingkat dunia.

"Mohon doanya mudah-mudahan Jalan Lingkar Utara ini segera beres, sehingga bisa menghasilkan pengingkatan, pendapatan, pada masyarakat bisa menggerakan roda ekonomi, yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumedang," ucapnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)