DINKES ­ - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang melakukan pengukuran kebugaran terhadap calon jemaah haji asal Kabupaten Sumedang yang akan berangkat tahun 2020 ini

Kabid Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinkes Sumedang Uyu Wahyudin mengatakan pengukuran kebugaran penting dilakukan untuk melihat kebugaran para calon jemaah haji.  "Pengukuran kebugaran bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan jamaah haji agar tetap prima secara fisik, dan mental yg merupakan bagian dari istithoah  (kemampuan) kesehatan," kata Uyu, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, calon jemaah haji menjadi aman, nyaman, sehat, dan menjadi haji mabrur dan mabruroh setelah selesai melaksanakan ibadah hajinya. Pengukuran kebugaran inipun dilakukan agar calhaj yang sehat tetap sehat atau lebih sehat lagi, dan yang berisiko dapat dikelola dengan upaya promotif dan preventif. "Ibadah haji memerlukan kebugaran jasmani, sehingga pengukuran kebugaran ini penting dilakukan untuk kesiapan jamaah," katanya.

Sebanyak 893 calon jamaah haji asal kabupaten Sumedang yang akan berangkat tahun 2020 ini. Dalam pelaksaaan pengukuran kebugaran icalon jamaah haji dibagi dalam 4 wilayah. Untuk wilayah Kota dilaksanakan Selasa (10/3/2020) di lapang Cigugur dengan jumlah calhaj sebanyak 273 orang.

Kemudian untuk wilayah ndigelar Rabu (11/3/2020) bertempat di Alun alun Tanjungsari sebanyak 278 orang,, wilayah Conggeang Kamis (12/3/2020) bertempat di Alun alun Conggeang, sebanyak 184 orang dan wilayah Darmaraja Jumat (13/3/2020) di Alun alun Darmaraja sebanyak 98 orang. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)