KEMENAG – Kantor Kementerian Agama ( Kemenag) Kabupaten Sumedang hingga saat ini masih menunggu keputusan pusat terkait rencana pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2020 ditengah masa pandemi Covid 19.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sumedang H Azis Kawakibi melalui Stafnya Astadi Nirwan mengatakan sampai Senin (1/6) ini belum ada informasi dari pusat terkait jadi tidaknya pemberangkatan calon haji tahun ini.  "Kami sendiri saat ini masih menunggu keputusan pusat apakah jadi berangkat atau tidak," kata  Astadi Senin (1/6/2020).

Diikatakan dia,  sejumlah calon haji asal Kabupaten Sumedang memang sudah banyak yang menayakan terkait rencana keberangkatan tersebut apakah jadi atau diundur tahun depan.  "Kepada calon jemaah haji, kami hanya bisa bilang tunggu dan bersabar karena keputusan ada di pemerintah pusat," katanya.

Namun demikian lanjut dia, walaupun belum ada kejelasan terkait rencana keberangkatan ini, namun segala tahapan terkait prosedur pemberangkatan haji dilakukan jajaran Kemenag Kabupaten Sumedang sesuai skedul.  "Sesuai kuota dari pusat saat ini calon haji asal Kabupaten Sumedang yang akan berangkat adalah 867 orang," jelasnya.

Endang (65) salah seorang jemaah calon haji asal Sumedang Utara mengaku akan tetap menunggu keputusan pemerintah terkait rencana keberangkatan haji. "Walaupun belum ada keputusan yang pasti terkait jadi tidaknya berangkat, tetapi saya tetap melakukan berbagai persiapan salah satunya dengan tetap menjaga kasehatan dan kebugaran," jelasnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)