SUMEDANGKAB.GO.ID, GANEAS- Pemerintah Kecamatan Ganeas mengingatkan para kepala desa untuk tetap waspada bencana. Musim hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadinya bencana

Camat Ganeas,  Iman Kardiman mengakui, di setiap desa di wilayah Kecamatan Ganeas ada potensi bencana. Sehingga harus ada pencegahan dari semua pihak terlebih pada musim hujan seperti saat sekarang.

"Di setiap desa ada potensi (bencana) tapi dalam skala kecil. Jenis bencananya longsor baik di wilayah pemukiman maupun wilayah kosong pemukiman seperti tebing jalan atau di wilayah kebun dan pesawahan," ujar Iman, Senin (7/12/2020).

Iman menyatakan di wilayahnya tidak pernah ada bencana dalam skala besar. Namun masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan. Mulai tidak membuang sampah sembarangan, sadar membersihkan drainase dan mewaspadai lahan labil terutama di wilayah pemukiman.

"Yang terakhir kejadian,  tebing dekat rumah warga di dusun Babakan Loa, Desa Cikoneng, yang mengakibatkan kerusakan rumah. Tapi sekarang rumah yang terdampak sudah diperbaiki," kata Iman

Upaya dari pihak pemerintah untuk waspada bencana, kata dia, pihaknya rutin melakukan monitoring ke desa-desa dan mengajak masyarakat untuk mendeteksi dini potensi bencana.

"Setiap Minggu saja kami meminta para kades dan perangkatnya melihat kondisi lapangan dan membuat pemetaan potensi bencana di wilayah masing-masing," ujarnya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)