SITURAJA - Pemerintah Kecamatan Situraja mengintruksikan para kepala desa untuk mewaspadai datangnya musim hujan. Sebelum memasuki musim hujan, para kades harus mengecek kondisi lingkungan di wilayahnya terutama wilayah sungai dan kondisi drainase. "Mengantisipasi bencana di musim penghujan yang akan datang, warga diharapkan mulai bergerak dari hal kecil seperti membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing," ujar kata Camat Situraja H. Sutisna.

Ia menyebutkan kades harus peka terhadap kondisi lingkungan. Jika ada potensi terjadi bencana harus mulai dari sekarang berupaya untuk melakukan pencegahan. "Jangan sudah kejadian baru ada aksi," katanya.

Dia menilai, akibat keteledoran kecil saja bisa jadi musibah besar yang merugikan jika tidak dicegah sejak dini. Ia mencintohkan, sampah yang ada di saluran irigasi, hanya karena malas membersihkan saluran, bisa mengakibatkan bencana banjir atau longsor. "Dikhawatirkan, kalau saluran air tersumbat, maka akan mendatangkan bencana," kata dia (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)