Camat Situraja : Warga Miskin di Sukatali Harus Menurun


Baca juga : Seniman Situraja Ciptakan Lagu Tentang Sawo Sukatali
Sukatali Gelar 'Ngarumat Jagat' Pertama Kali
Camat Situraja : Warga Miskin di Sukatali Harus Menurun


SITURAJA – Camat Situraja, Sutisna mengatakan  perayaan milangkala Desa Sukatali yang diisi penampilan seni dan pawai rakyat.  Desa Sukatali merayakan milangkala Desa ke 224 tahun dengan menggelar Sukatali Ngarumat Jagat, Rabu pagi (20/11/2019).  "Antusias masyarakatnya luar biasa, tanpa anggaran dari pemerintah desa mereka bergotong royong menyukseskan acara ini," katanya.

Camat Sutisna menyampaikan harapan besarnya untuk Desa Sukatali menjadi desa mandiri yang kreatif, inovatif, serta semakin baik dalam pelayanannya.  "Sesuai dengan moto Sukatali yaitu ngahiji, mudah mudahan kegiatan ini menjadi suatu momen pemersatu masyarakat dengan pemerintah mensukseskan Desa Sukatali yang mandiri, dan lebih baik lagi dalam pelayanannya," katanya.

Menurutnya, Sukatali sekarang menginjak 224 tahun, ada sekitar 270 warganya yang masih kurang mampu. “Saya sampaikan bahwa Desa Sukatali setiap tahunnya harus berkurang kemiskinannya dengan memanfaatkan sawo sukatali sebagai lahan usaha masyarakatnya," katanya.

Milangkala juga diwarnai membangun rumah tidak layak huni (Rutilahu)  warga yang kurang mampu yang dianggap memiliki peran penting untuk penyebaran sawo di Sukatali. "Ada sejarah pohon sawo Sukatali yang pertama ditanam di rumah yang menerima rutilahu, yaitu Ibu Aram. Warga bergotong royong membangun rumah untuk beliau, luar biasa kompaknya," ujar Camat. [rtn]


Sukatali, Ngarumat Jagat, Rutilahu

Berita Terkait