SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANG UTARA - Pemerintah Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan mengupayakan rumah warga yang bertempat tinggal di pinggir aliran Sungai Cileuleuy, di blok Cileuleuy Dusun Babakanregil tidak lagi kebanjiran.  Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi Raspati menuturkan, sekitar 10 rumah warga yang berada di pinggir Sungai Cileuleuy itu kerap kebanjiran, akibat luapan air sungai jika terjadi hujan deras.

"Dulu tahun 2017 pernah rumah warga kebanjiran, sekarang juga kalau air sedang naik suka masuk ke rumah warga," kata Nenden.

Kata Nenden, pihaknya sudah melaporkan kondisi ini ke pihak terkait. Dan pada Kamis (21/1/2021) sudah dilakukan peninjauan oleh piha Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Sumedang dan juga Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

"Sudah di survei, dan kami sudah laporan, keterangan warga yang dekat sungai bahwa Sungai Cileuleuy suka meluap," ujarnya.

Ia berharap segera ada penanganan terkait kondisi tersebut. Sebab, kata Nenden, tak jarang jika hujan deras air sungai meluap dan langsung masuk ke rumah warga.

"Setidaknya dibuatkan TPT untuk menahan air supaya tidak masuk ke rumah warga," katanya.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)