SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan pengecekan kondisi kendaraan umum saat mengikuti Operasi Gabungan Dishub dan kepolisian. Dalam pengecekan ini, Sekretaris Dishub Jabar Idat Rosana menyebutkan secara umum angkutan umum yang kini beroperasi sudah laik jalan. Namun masih ditemukan beberapa kendaraan yang bermasalah, seperti rusak wiper, lampu rem tidak menyala, rem kurang berfungsi, dan tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

"Kami gelar di Sumedang karena mewakili jalur tengah yang melintasi jalur Bandung-Cirebon dan sebaliknya," kata Idat, saat operasi gabungan di Jalan Prabu Gajah Agung, Terminal Tipe A Ciakar, Rabu (18/11/2020).
Ia pun mengimbau kepada pemilik kendaraan angkutan umum agar menyiapkan segalanya sebelum kendaraan beroperasi, seperti pengemudi, dan teknis kendaraan yang laik jalan, demi keselamatan saat berkendara.
"Dalam operasi ini kami memeriksa 44 kendaraan, diantaranya 14 angkot, 24 bus antar kota dalam provinsi (AKDP), 3 bus antar kota antar provinsi (AKAP), dan 1 Damri," tuturnya.
Dalam kesempatan itu, pihak Dishub Jabar juga melakukan pengecekan terhadap penumpang dan pengemudi yang tidak memakai masker. Petugas memberikan peringatan, sekaligus memberikan masker kepada mereka yang kedapatan tak memakai masker.
"Kami juga sosialisasi keselamatan protokol kesehatan, kami ingin memastikan pengemudi dan penumpang menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)