DINKES - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Reny Kurniawati Anton mengatakan masyarakat perlu CERDIK dalam pencegahan penyakit tidak menular (PTM) Hipertensi. CERDIK yang dimaksud  Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet teratur, Istirahat yang cukup dan Kelola setres.

"Salah satu mencegah penyakit tidak menular masyarakat perlu CERDIK, rajin cek kesehatan, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet yang teratur, istirahat yang cukup dan kelola setres," ujar  Reny (23/6/2020)

Menurutnya, pengidap penyakit hipertensi di Sumedang penyumbang angkat tertingginya adalah perempuan, hal tersebut disebabkan tingkat stres perempuan cenderung tinggi jika dibandingkan dengan laki-laki. "Stres harus diatur karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan, perempuan menyumbang angka tertinggi dalam penyakit hipertensi di Sumedang," katanya.

Pengecekan kesehatan tidak harus dalam keadaan sakit, cek rutin dianjurkan untuk mencegah penyakit kronis diketahui terlambat. "Masih banyak masyarakat yang mengecek kesehatan hanya saat sakit, padahal saat sehat sudah seharusnya mengontrol tekanan darah, kolesterol dan gula darah secara berkala ke fasilitas kesehatan yang ada," ujarnya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)