Cibubuan Siapkan Wisata Taman Buah


Baca juga : Cibubuan Siapkan Wisata Taman Buah


CIBUBUAN - Pemerintah Desa Cibubuan, Kecamatan Conggeang berencana membangun kawasan wisata buah. Pembentukan kawasan wisata buah ini cukup beralasan mengingat Cibubuan memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusianya.  "Masyarakat Desa Cibubuan sebagian besar merupakan petani, jadi mereka sudah terbiasa bercocok tanam, sehingga tidak terlalu banyak diperlukan bimbingan," kata Kades Cibubuan Suganda, Rabu (8/1/2020).

Lokasi yang akan dijadikan wisata buah ini terletak di blok Pasir Soga, bahkan nantinya lokasi ini akan berada di bibir genangan Bendungan Cipanas. Lahan yang akan dijadikan kawasan wisata buah ini adalah milik Perhutani dan dikelola lewat program Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).  "Ada puluhan hektare lahan yang akan dijadikan kawasan wisata buah, namun untuk tahap awal kita akan kelola seluas 3 hektar disesuaikan dengan kelompok yang ada " katanya.

Suganda menuturkan, wilayah wisata kebun buah akan ditanami berbagai jenis pohon mangga, kadu, peuteuy dan jengkol dan yang lainnya. Diharapkan kawasan wisata buah itu sendiri dapat meningkatkan taraf ekonomi warga, terutama yang terkena dampak genangan Bendungan Cipanas. "Setelah jadi, diharapkan juga agar kawasan wisata buah itu akan menjadi pusat buah buahan kedepannya," katanya.

Sementara itu untuk mewujudkan keinginan tersebut, saat ini Pemdes Cibubuan mulai melakukan penataan infrastruktur menuju lokasi tersebut. "Dari sekitar 3,5 km jalan menuju kawasan wisata buah tersebut, kini sepanjang 1 km telah di beton dan sisanya akan dilakukan secara bertahap," katanya.  (end)


Cibubuan, Buah-buahan

Berita Terkait