SUMEDANGKAB.CO.ID.,CIMALAKA - Jalan Tol Cisundawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) ditargetkan sudah bisa beroperasi pada akhir 2021. Namun belum semua ruas Jalan Tol Cisumdawu yang akan segera dioperasikan.
Direktur Teknik PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi Suwarso menuturkan, dioperasikannya Jalan Tol Cisumdawu akan dibagi menjadi 2 tahap. Yakni tahap pertama seksi I seksi II, dan seksi III. Kemudian tahap kedua yakni seksi IV seksi V dan seksi IV.
"Tahap pertama kami akan mengoperasikan dari Cileunyi sampai ke Cimalaka, itu sepanjang 34 kilometer. Kami harapkan tahun ini akan kami operasikan sekitar September atau Oktober," kata Bagus, Rabu (6/1/2020).
Saat ini, kata Bagus, progres pengerjaan dari Cileunyi sampai Cimalaka sudah akan selesai.
Kemudian tahap kedua, sedang dibangun konstruksi untuk seksi IV, V, dan VI. Lalu, pihaknya juga
sedang fokus menyelesaikan konstruksi pada seksi VI, yakni Ujungjaya-Dawuan.
"Kami bekerja 24 jam untuk menyelesaikan target sesuai instruksi Pak Menteri (PUPR) mengenai harus selesainya 2021," katanya.
PT  CKJT berkomitmen akan merealisasikan target tersebut dengan segala daya dan upaya.
Ia mengakui pembebasan lahan menjadi kendala dalam pembangunan di seksi IV dan V ini, karena ada beberapa warga yang masih melakukan negosiasi dengan PPK lahan. 
Adapun ruas jalan di seksi IV (Cimalaka-Legok) mencapai 8,2 kilometer, dan seksi V. Di seksi V, hanya sedikit sekali pekerjaan struktur, hanya cut and fill saja, dan akan dikerjakan begitu sudah dibebaskan. Seksi V yaiyu (Legok-Ujungjaya) panjangnya 14,9 kilometer. Sedangkan untuk seksi VI progres pengerjaannya sudah mencapai 12 persen.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)