SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Kepala Desa Cimungkal, Kecamatan Wado, Dede Rustandi mengusung ide untuk membuka kawasan wisata berbasis hutan. Ide ini sudah banyak dikemukakan warga dan akan akan didukung penuh oleh pemerintah desa.
Menurut Dede, wilayah Cimungkal memang memiliki potensi besar untuk dijadikan kawasan wisata hutan dan agro wisata. Dengan luas 1001 hektare dan 80 persennya adalah lahan hutan, Cimungkal menjadi wilayah hutan produktif dan perkebunan yang memiliki daya tarik tersendiri.
"Kami berkeinginan untuk membuka kawasan wisata perkebunan sayuran. Karena wilayah kami adalah wilayah perkebunan sayur," katanya.
Untuk merealisasikannya, kata Dede, pemerintah desa akan berupaya melakukan musyawarah untuk penganggaran. Untuk kemudian mengonsep penataan wisata di kawasan kaki Gunung Cakrabuana sebagaimana yang digagas oleh pemuda di desanya.
"Tentunya kami harus koordinasi dengan berbagai pihak agar saling bersinergi mewujudukan terkait objek potensi wisata yang akan ditata," ucapnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)