BUAHDUA - BUMD PT Kampung Makmur berencana akan melakukan penataan dengan memanfaatkan sumber daya alam Cipanas Sekarwangi di Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua dengan latar Gunung Tampomas.

Hal itu terungkap saat Direktur PT Kampung Makmur, Hendri Heryanto melakukan audensi dengan pemerintah dan Bumdes Wibawa Mukti Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua terkait pengelolaan Cipanas Sekarwangi. "Kami akan mencoba mengeksplore keberadaan Cipanas Sekarwangi supaya nanti pengunjung bisa menikmati kolam berendam air panas serta bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar wisata Cipanas Sekarwangi," ujar Hendri Minggu (23/8/2020).

Dijelaskan dia, konsep ini diadoptasi dari beberapa lokasi wisata yang ada di Ciater dan Lembang. Kedua tempat wisata itu memanfaatkan sebagian besar natural viewnya. Sarana utama yang akan dibangun adalah tempat pemandian air panas. Kemudian, restoran agar pengunjung bisa menikmati hidangan-hidangan khas Sumedang maupun nasional. "Kedepannya, akan disediakan sarana meeting room agar perusahaan atau instansi bisa memanfaatkannya," tambahnya.

Selain itu dibangun juga foto spot, dimana para pengunjung bisa melakukan selfi dengan background pemandangan Gunung Tampomas. Dijelaskan, untuk segmen para pengunjung pihaknya akan mencoba mendatangkan wisatawan-wisatawan dari luar Sumedang.

Menurutnya, ketika jalur tol sudah dibuka di wilayah ini akan ada exit tol, yang jaraknya sekitar 6 km dari lokasi wisata Cipanas Sekarwangi.  Hal ini lanjut dia akan memudahkan masyarakat yang ada di luar Sumedang untuk bisa mengunjungi wisata air panas. Tentunya, wisatawan lokal yang ada di Sumedang juga bisa menikmatinya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)