SUMEDANGKAB.GO.ID, CISARUA - Pemerintah Kecamatan Cisarua membuat program pendekatan kepada keluarga yang anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa. Program ini diberi nama 'Sapa Keluarga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Camat Cisarua, Marlina, merasa prihatin dengan kondisi sejumlah ODGJ yang sering merugikan pihak keluarga dari ODGJ tersebut. 
"Mungkin sebagian ada yang sudah mengetahui, bahwa ini dilatarbelakangi oleh satu kejadian beberapa tahun lalu. Pada saat itu ada almarhum Mang Dede yang waktu itu membakar rumah, dan yang bersangkutan juga menjadi korban," kata Marlina, Rabu (25/11).
Berkaca dari kejadian tersebut, pihaknya bersama Forkopimcam menggandeng pihak puskesmas, memutuskan agar ada kegiatan pendekatan keluarga yang anggota keluarganya ada yang ODGJ. 
Camat menjelaskan, ODGJ di Kecamatan Cisarua ada levelnya, yakni ada yang pada level depresi, kemudian stres dan terakhir gila. Sedangkan khusus untuk yang levelnya gila ini, kata Marlina, sudah ditangani kesehatannya secara menyeluruh. 
"Memang yang berkeliaran hanya beberapa orang dari puluhan ODGJ yang ada di Kecamatan Cisarua. Tapi disini saya bicara yang di Kecamatan Cisarua saja yang tersebar di beberapa desa," ujarnya.
Melalui program ini, pihaknya melakukan edukasi pada keluarga ODGJ supaya selalu merawat dan menjaga yang bersangkutan dengan aman dan nyaman. Ia menggambarkan, pihaknya mengarahkan keluarga ODGJ agar menjauhkan sumber api dan hal yang membahayakan lainnya dari keluarga yang mengalami gangguan jiwa.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)