Cisurat Tak Krisis Air Lagi


Baca juga : Petani Cisurat Bermitra dengan Petani Indramayu Jajaki Tanam Semangka
Peternak Ayam diminta Waspada
Cisurat Tak Krisis Air Lagi
Talun Deklarasi ODF Tahun 2020 ini


SUMEDANGKAB.GO.ID,WADO - Tahun ini Desa Cisurat, Kecamatan Wado, diharapkan terbebas dari kekeringan setelah beberapa tahun ke belakang kerap kali terjadi krisis air jika musim kemarau. Solusi yang cukup efektif adalah dengan menggunakan Program Pengadaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kepala Desa Cisurat, Daryumah menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kini sudah dibangun sarana dan prasarana dari pamsimas yang kini sudah dirasakan oleh 90 persen penduduk Cisurat.

“Pengelolaan pamsimas yang sumber mata airnya berasal dari pegunungan itu,  ditertibkan dengan dibentuknya Badan Pengelolaan Sarana Penyediaan Air minum (BPSPAM) Desa Cisurat. Program terus dikembangkan dan saat ini mampu menyalurkan air kepada warga di dua dusun yaitu Dusun Cisurat dan Dusun Sukamanah, dengan jumlah pengguna lebih dari 350KK,” terang Daryumah, Minggu (9/8/2020).

Ditambahkan, dengan jumlah penduduk yang ada di desa tersebut, kini semuanya sudah memiliki dan memanfaatkan air bersih dari Pamsimas.

Daryumah juga menyebutkan, sulitnya air terkadang mengganggu kenyamanan masyarakat baik dalam melakukan rutinitas sehari-hari terutama ibu rumah tangga dan juga mengganggu dalam beraktivitas.***(nsa)


cisurat, wado, pamsimas, air

Berita Terkait