KPP - Pemkab Sumedang memastikan Command Center yang diperlukan Polres Sumedang untuk menunjang pemberlakuan Elektronic Tilang Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik sudah beroperasi. Selain itu, CCTV yang dipasang di lima titik wilayah Sumedang kota juga sudah bisa difungsikan. CCTV dipasang di wilayah Taman Telor, Alun-alun Tegal Kalong, Masjid Agung Sumedang termasuk Alun-alun Sumedang, Bunderan Binokasih, dan di sekitar Griya Plaza 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri mengatakan,  penggunaan Command Centertinggal menunggu peresmian oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. "Untuk CCTV juga sudah terkoneksi dengan Command Center. Diharapkan kedepan CCTV-CCTV itu dipasang ditempat seperti lampu merah," kata Iwa, Rabu (10/2/2021).

Untuk penggunaan fasilitas pendukung tersebut, kata Iw, pihaknya sudah berkoordinasi dengan anggota Polres Sumedang. "Nah itu kami akan bersinergi dengan pihak kepolisian, pihak (Dinas) Perhubungan. Kemarin juga, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Sumedang," katanya.

Pertemuan itu, kata Iwa, membahas bagaimana keberadaan Command Center yang harus terintegrasi dengan semua kegiatan yang ada di Kabupaten Sumedang, termasuk kegiatan kepolisian yang berkaitan dengan penindakan pelanggaran lalu lintas. "Seperti masalah pelanggaran, termasuk dengan rencana E-Tilang dan masalah kemacetan. Sekarang CCTV sudah aktif di 5 titik, kami menggunakan CCTV yang 360 derajat, jadi bisa terpantau seluruhnya," ucap Iwa.

Polres Sumedang memastikan bakal menerapkan pemberlakuan ETLE atau tilang elektronik di sejumlah ruas jalan sesuai dengan rencana Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, untuk menerapkan pemberlakuan tilang elektronik tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang yang sudah memiliki Command Center dan memasang CCTV di beberapa titik.

Dalam teknis tilang elektronik ini, nantinya para pelanggaran lalu lintas akan terekam CCTV, kemudian sistemnya akan mendeteksi identitas kendaraan dan petugas akan mengirimkan notifikasi ke pemiliknya untuk mengkonfirmasi soal pelanggarannya. "Kami akan terus berkoordinasi dengan Dishub, bagaimana cara mengoptimalkan (CCTV), sehingga aplikasi ETLE itu akan bisa diterapkan di Sumedang," kata Eko. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)