Giat Rabu (5/8) Pembinaan Kelompok Keluarga dengan Tema " Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di Balai Kampung KB Kecamatan Surian.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang ( Hj. Ani Gestapiani, S.K.M.,M.A.P ) membuka kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana, Kepala UPTD Dalduk wil. Surian Serta undangan lain nya.

Dalam Sambutanya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang menyampaikan bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Generasi yang lebih baik untuk mencetak anak Indonesia yang Sehat dan Cerdas, langkah awal yang paling pentimg untuk dilakukan adalah pemenuhan gizi pada anak sejak dini, bahkan masih dalam kandungan atau yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 1000 Hari Pertama Kehidupan dimulai dari fase kelahiran (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari).Untuk mencegah mencegah Kematian Ibu dan Bayi mari kita hindari 4 T1. Terlalu muda (Primi muda) adalah Ibu hamil pertama pada usia kurang dari 21 tahun2. Terlalu tua (Primi tua) adalah Ibu hamil pertama pada usia kurang lebih 35 tahun3. Terlalu dekat jarak kehamilan adalah jarak antara kehamilan satu dengan berikutnya kurang dari 2 tahun (24bulan) dan4. Terlalu banyak anak (grande multi) adalah Ibu pernah hamil atau melahirkan lebih dari 4 kali atau lebih.

Selanjutnya Narasumber yang memberikan materi dari IPeKB kabupaten Sumedang Kelompok Keluarga dan PIK-R nya dari Generasi Berencana (GenRe) kab. Sumedang.

(penerbit: sumedangkab.go.id)