SUMEDANG - Pemadam kebakaran atau disingkat DAMKAR merupakan unsur pelaksana dari Pemerintah yang memiliki tanggung jawab dalam membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran.

Selain melakukan pemadaman api, petugas damkar juga dilatih untuk melakukan evakuasi seperti penyelamatan korban kecelakaan, bencana alam, dan evakuasi gawat darurat lainnya.

Pemda Sumedang memastikan memberikan perhatian serius terhadap kelengkapan pemadam kebakaran. Ini dilakukan karena Sumedang rawan kebakaran, terutama saat musim kemarau. Pemerintah harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, Pada Rabu, (26/04/2023).

"Pemadam Kebakaran menjadi salah satu bidang dibawah naungan Satpol PP. Kami akan memberikan perhatian yang serius. Karena kita ketahui bersama, Sumedang di musim kemarau itu sangat rawan terhadap bencana kebakaran, dan pengalaman kami," Ujarnya.

Selain itu Wabup Erwan mengatakan, Pemda Sumedang telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung tugas damkar. Juga telah dianggarkan untuk penambahan 1 unit mobil damkar.

"Pada Anggaran Perubahan tahun sekarang kami siapkan untuk perbaikan, pemeliharaan untuk sarana prasarana yang ada di sana, khususnya kendaraan. Kemudian di anggaran murni juga kami support budget untuk perbaikan-perbaikan, plus pengadaan 1 kendaraan pemadam kebakaran," ungkapnya.

Menurutnya pengadaan armada damkar yang baru itu kini sedang berproses. Diharapkan bisa terealisasi di pertengahan tahun ini. 

Wabup juga menyampaikan bahwa bupati dan dirinya memberikan atensi penuh untuk penanganan bencana, termasuk kebakaran. 

"Kami sangat serius untuk hal-hal seperti itu, Kami harus segera antisipasi, ketika ada bencana datang khususnya kebakaran ini, kita harus siap dengan armada dan akomodasi yang ada, karena pemadam ini adalah salah satu garda terdepan juga dalam penanganan kebencanaan." Pungkasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)