SATPOL PP - UPT Pemadam Kebakaran wilayah Tanjungsari pada Satpol PPP Kabupaten Sumedang menggelar simulasi pemadaman kebakaran di Kampus ITB, Jatinangor, Rabu (11/11/2020) dan Kamis (12/11/2020). Simulasi pemadaman kebakaran itu diikuti 30 orang peserta, yang terdiri dari tenaga keamanan, dan karyawan.

Komandan Regu UPT Damkar wilayah Tanjungsari, Daniel mengatakan, dalam simulasi tersebut pihaknya memberikan sejumlah materi dasar dalam menanggulangi kebakaran. Diantaranya Managemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG). "Peserta juga dikenalkan kepada alat pemadam kebakaran, dalam hal ini hidran, dan cara pengoperasiannya," kata Daniel.

Kemudian, peserta juga diberikan materi berupa pengenalan mobil unit pancar serta cara pengoperasiannya. Dalam kegiatan itu pihaknya juga menerjunkan langsung 1 unit mobil damkar dan mobil pancar. "Kami juga gelar simulasi pemadaman kebakaran. Jadi jika terjadi situasi kebakaran nanti mereka tahu harus berbuat apa, selain tentunya menghubungi pemadam kebakaran," katanya.

Diharapkan, dengan kegiatan ini peserta mengerti akan tanggung jawab MKKG. Peserta juga diharapkan memahami penggunaan hidran yang sesuai dengan aturan, dan memahami cara pengoperasian mobil unit damkar. "Diharapkan peserta memahami tindakan yang dilakukan apabila terjadi kebakaran, dan melakukan pemadaman dengan menggunakan hidran dan mobil unit damkar," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)