SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Salah satu  upaya mengatasi kesulitan ekonomi akibat wabah bencana non alam yaitu pandemi covid 19 saat ini, Dandim 0610/Sumedang mengajak dan mengintruksikan kepada seluruh anggota untuk memanfaatkan lahan sekitar kantor kodim, kantor koramil dan rumah prajurit untuk menanam berbagai macam tanaman sayuran menggunakan media polybag.
"Kami memulai dengan pengisian tanah di polybag dan penyemaian bibit yang akan ditanam yaitu bibit cabai rawit,cabe,tomat,dan terong, di mulai di lingkungan perkantoran maupun di perumahan prajurit, " kata Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa. Senin (14/9/2020)
Dandim Zaenal menjelaskan dengan gerakan menanam cabai dan sayuran di pekarangan rumah ini melalui media tanam Polybag baik bagi lingkungan, karena selain penghijauan, dan memaksimalkan lahan kosong juga bisa menambah penghasilan keluarga.
"Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, dimana saat ini kebutuhan rumah tangga cenderung menggalami kenaikan yang sangat melonjak, seperti cabai dan kebutuhan lainnya,hal ini juga diakibatkan oleh adanya wabah Covid 19, memanfaatkan halaman rumah tidak hanya bermanfaat sebatas penghijauan, melainkan penghasilan serta pengoptimalan lahan yang ada," tambahnya.
Prajurit harus menjadi contoh dan motivasi kepada masyarakat, terutama kepada ibu rumah tangga untuk mau berusaha paling tidak untuk meringankan beban ekonomi keluarga dengan memanfaatkan lahan.
"Dengan menanam sendiri di pekarangan melalui media tanam seadanya. Kebutuhan bumbu dapur bisa terpenuhi tidak meski membeli," tegasnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)