BPMD - Kegiatan deklarasi damai pelaksanaan Pilkades Serentak yang rencananya bakal digelar Sabtu (21/3/2020) terpaksa dibatalkan.

Kabid Pemerintahan Desa  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)   Kabupaten Sumedang H Nuryadin mengatakan pembatalan ini tidak terlepas dari antisifasi pencegahan dan penyebaran Covid 19. "Awalnya kami bekerjasama dengan Polres memang akan menggelar deklarasi damai juga acara gerak jalan, namun sesuai SE Bupati terkait untuk menunda kegiatan yang melibatkan orang banyak, maka acara tersebut dibatalkan," jelas Nuryadin Kamis (19/3/2020).

Diakui Nuryadin kegiatan deklarasi damai ini memang akan melibatkan banyak orang bahkan mungkin ribuan sehingga sangat riskan.  "Yang hadir itu bukan saja calon kades, tetapi juga ketua panitia pelaksana, belum lagi penjabat kadesnya, keluarga, simpatisan serta masyarakat umum yang akan ikut gerak jalan, sehingga sangat riskan untuk dilaksanakan," jelasnya

Diakui Nuryadin, walaupun tidak jadi digelar, namun sebenarnya kegiatan deklrasi damai ini telah dilaksanakan di masing masing desa bahkan tingkat kecamatan. "Jadi kalaupun tidak dilaksanakan di tingkat Kabupaten, sebenarnya tidak apa apa sih, karena mereka telah melaksanakannya baik di tingkat desa maupun kecamatan," tandasnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)