DEKOPINDA -Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menerima kunjungan silaturahmi Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang Ade Effendi beserta jajaran pengurus masa bakti 2021 - 2025 bertempat di ruang rapat wabup, Senin (8/3/2021). Wabup meminta kepada Dekopinda Kabupaten Sumedang agar mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi yang ada di Kabupaten Sumedang supaya kembali eksis mengembangkan usahanya.

Wabup Erwan mengatakan secara kuantitatif jumlah koperasi yang ada di kabupaten Sumedang berjumlah 621 koperasi. "Namun dari jumlah tersebut, koperasi yang aktif hanya sekitar 40 persen atau 240 koperasi sedangkan sisanya tidak aktif," katanya.

Selain itu Wabup juga mengharapkan, program kerja yang akan dilaksanakan Dekopinda harus sesuai tupoksi dan Visi Misi Dekopinda. Lebih jauh, program ini bisa diselaraskan dengan program pemerintah terutama kaitan dengan pemulihan ekonomi daerah.

Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang Ade Effendi mengatakan, pihaknya siap melaksanakan program sesuai tupoksi dan visi misi Dekopinda. Lebih dari itu, pihaknya juga siap melakukan penyelarasan program dengan visi Sumedang Simpati. “Koperasi di Kabupaten Sumedang ingin menjadi pelaku ekonomi yang tangguh, mandiri, professional dan berdaya saing. Sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Sumedang bahwa keberadaaan koperasi betul-betul menjadi harapan tumpuan dan jembatan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Sumedang,” katanya.

Menurutnya, perkembangan koperasi di kabupaten Sumedang yang saat ini baru mencapai 40 persen. Dekopinda berencana akan mengaktifkan kembali koperasi di Kabupaten Sumedang minimal 20 persen setiap tahun sehingga jumlah koperasi aktif semakin meningkat. “Perkembangan koperasi di Kabupaten Sumedang baru 40 persen. Insya allah kami akan menggarap koperasi yang kurang lancar koordinasi dengan Dinas untuk menaikan koperasi yang aktif minimal 20 persen setiap tahunnya,” katanya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)