Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Belajar matematika mungkin saat ini masih menjadi momok yang mengerikan bagi sebagian pelajar. Namun dengan metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), sesuai namanya, pembelajaran matematika membuat siswa menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.  "Meskipun baru empat hari, yang saya rasakan metodenya sangat mengasikka, sangat menyenangkan, terus membuat peserta didik itu bersemangat, " ujar Cucu Nurjanah, Guru SD Banjarasih Kecamatan Jatinunggal mengikuti acara Peningkatan Kapasitas Siswa dan Guru Program Pandai Berhitung dengan Metode GASING di Gedung Negara, Sabtu (4/2/2022)

Metode GASING, dijelaskan Cucu, merupakan metode pembelajaran langkah demi langkah agar peserta didik  menguasai materi secara mudah dan tidak membosankan.  Sebelum mengenal metode GASING, pelajaran matematika baru dilaksanakan selama satu jam, anak-anak sering mengeluh. "Kadang gurunya belum masuk pun, mendengar kata matematika anak-anak sudah tidak mau. Tapi dengan adanya metode GASING ini, hasilnya sangat-sangat berbeda. Bahkan kita belajar dari pukul 7.30 sampai 16.00 tapi terlihat anak-anak sangat antusias dan enjoy, " ungkapnya.

Dengan metode Gasing Cucu menyebut perkembangan anak didiknya terlihat sangat signifikan. "Kami melaksanakan kegiatan ini selama lima har, dan saya sangat melihat anak-anak sangat bersemangat. Maka dari itu, saya yakin metode ini dapat menjadikan pelajaran matematika tidak ditakuti tapi digemari anak-anak, " kata Cucu.

Salah satu anak didik bernama Yonif menyebutkan, dirinya sangat senang belajar metode GASING. Yonif yang merupakan salah satu murid SD Gudang I Kecamatan Tanjungsari mengatakan, metode GASING membuat dirinya menyukai pelajaran matematika. "Belajaranya sangat seru, kita disuruh berkonsentrasi terus bernyanyi. Jadi saya sangat suka. Awalnya sering bosan dan takut belajar matematika, tapi sekarang belajar matematika itu seru dan menyenangkan," kata Yonif yang merupakan anak dari seorang anggota TNI. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)