SUMEDANGKAB.GO. ID, JATINUNGGAL-Desa Banjarsari, Kecamatan Jatinunggal bersiap mengikuti Lomba Kampung KB setelah baru saja dikunjungi TP PKK Kabupaten Sumedang untuk evaluasi program dan kelembagaan TP PKK Desa.
"Kami siap berlomba di tingkat kabupaten dan mudah-mudahan dengan segala perubahan di kampung kami akan jadi bahan pertimbangan penilaian lomba," ujar Iim, tokoh masyarakat yang juga Ketua Karang Taruna setempat, Senin (14/9/2020).
Iim menyebutkan, kampung KB Raharja telah beberapa kali mendapatkan kunjungan baik dari pemerintah kabupaten bahkan tingkat provinsi Jabar. Perubahan signifikan di Kampung KB Raharja adalah terbangunnya sarana dan prasarana pendukung yang mendongkrak kesejahteraan warga.
Sebelumnya, Camat Jatinunggal, Edi wahyu, menyebutkan pembentukan Kampung KB berkontribusi besar pada naiknya kesejahteraan masyarakat.
"Masyarakat di Kampung KB Raharja kini memiliki berbagai kemampuan pengembangan usaha baik dari sektor pertanian maupun usaha kecil menengah," ujar Edi.
Ia mengatakan, tertanamnya kesadaran warga untuk menggali potensi ekonomi adalah bukti dari terwujudnya program Kampung KB yang digagas pemerintah.
Warga juga kini bisa membangun arena bermain, arena kumpul warga yang bisa dimanfaatkan untuk wisata lokal. Ini adalah bukti bahwa program kampung KB berhasil dan akan berdampak pada kesejahteraan dan kesehatan warga.***(nsa)*

(penerbit: sumedangkab.go.id)