Desa Cibuluh Bangun Kios di Area Istirahat


Baca juga : BUMDesa Bangbayang Disuntik Modal
Desa Cibuluh Salurkan Bantuan dari Dana Desa


UJUNGJAYA -  Untuk menumbuhkan tingkat ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya membangun kios untuk area istirahat di kawasan Cibuluh. Kios  area istirahat diperuntukan untuk tempat berdagang oleh-oleh dan kuliner.

Kades Cibuluh, Sukirman mengatakan, desa  telah berhasil membangun kios representatif sebanyak 12 kios. Setiap kios dibangun dengan ukuran 3m x 4m ditambah teras berukuran 2x3m dan sarana WC umum sebanyak lima unit.  "Kios kios yang kami bangun nantinya akan diberdayakan oleh warga untuk berjualan oleh-oleh dan kuliner. Menginhat kawasan Cibuluh dekat dengan akses tol," ujar Sukirman, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, kios tersebut akan di sewakan khusus buat warga Cibuluh yang berprofesi pedagang. Agar warga bisa meningkatkan ekonominya.  "Kalau yang mau sewa sangat banyak. Saat ini saja sudah 50 warga yang mendaftar padahal kami baru bangun 12 kios," katanya.

Menurutnya, pembangunan kios itu berasal dari dana desa (DD). Untuk sementara pada tahun 2020 dialokasikan untuk 12 kios. Kemudian rencananya pada anggaran tahun 2021 akan dibangun kembali sebanyak 10 kios.  "Pembangunannya akan dilaksanakan bertahap. Nanti pengelolaannya akan dilaksanakan oleh BUMDes.  Kami berharap segala pembangunan bisa menambah PAD dan tentunya kesejahteraan warga kami," ujarnya. (nsa)


BUMDesa, Cibuluh

Berita Terkait