SITURAJA -  Pemerintah Desa Cijati, Kecamatan Situraja berencana membangun sumur artesis. Pembuatan sumur artesis bisa menjadi solusi dalam mencegah kekeringan pada tanaman padi petani saat musim kemarau tiba.  "Kalau kemarau sering terjadi kekeringan di blok pesawahan Embrat dan Selarema yang ada di Desa Cijati. Makanya kami ingin memiliki sumur artesis di blok pesawahan," ujar Kades Cijati, Asep Junjun Junaedi, Selasa (9/6/2020).

Sumur artesis bisa menghasilkan debit air yang banyak. Jadi ketika pasokan air irigasi berkurang petani bisa memamfaatkan air dari sumur untuk pengairan sawahnya.  "Paling tidak agar tidak terjadi kekeringan yang parah.  Jadi kondisi tanaman padi masih dijaga kualitasnya," katanya.

Asep menggambarkan kekeringan pesawahan kerap terjadi hampir tiap tahun ketika memasuki musim kemarau.  Pemerintah desa harus bisa mengantisipasi hal tersebut. "Salah satunya kami mencoba nanti membuat sumur artesis untuk membantu pengairan sawah. Agar produksi padi warga bisa tetap maksimal," ucapnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)