SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA -  Pemerintah Desa Kaduwulung Kecamatan Situraja bersama Kompepar (Kelompok Penggerak Wisata) Kabupaten Sumedang menggelar Pekan Atraksi Wisata di objek wisata Leuwi Seeng Desa Kaduwulung, Minggu (21/6/2020). Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik, Camat Situraja, dan Kepala Desa Kaduwulung.
"Saya apresiasi Kompepar, BPD, pihak desa, dan masyarakat sekitar yang sudah secara gotong royong meningkatkan potensi wisata yang ada di desa," kata Kadisbudparpora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengapresiasi kegiatan tersebut.
Objek wisata Leuwi Seeng mengambil filosofi 'Dewa Siwa', yakni desa edukasi wisata sisi walungan yang memanfaatkan potensi alam sekitar dan aliran Sungai Cicapar.
"Sebab tanpa kebersamaan potensi wisata tidak akan bisa tergali," lanjutnya.
Oleh karena itu, Hari meminta masyarakat dan pengelola tempat wisata harus berkolaborasi menjaga lingkungan dan ekosistem sekitar. Sebab, menurutnya wisatawan sangat menggandrungi wisata outdor.
"Ini kan tempat belajar mengenal alam, jadi jangan rusak tatanan wisata ini," ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut ditampilkan atrakasi ruatan sungai, beluk dan reak, teater, atraksi ular, pameran seni, lomba tumpeng, bancakan, musikalisasi puisi, cosplay Indian, dan diskusi desa wisata.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)