CONGGEANG - Pemerintah Desa Karanglayung, Kecamatan Conggeang berencana menjadikan desa mereka sebagai 'Kampung Kopiah'. Saat ini, sebanyak 16 warga sedang sedang dilatih menjahit kopiah sebagai tenaga kerja mandiri.

"Saat ini kami sedang melatih warga mantan pekerja migran Indonesia untuk membuat kopiah. Pelatihan sudah dilakukan sejak 6 November, dan akan berlangsung sampai tanggal 28 November 2019," kata Kepala Desa Karanglayung, Imam Mahrom, Minggu (17/11/2019).

Dikatakan, pelatihan ini sebagai upaya merealisasikan program Bupati Sumedang 'One Village One Product'. Program TKM  merupakan program Kementrian Tenaga Kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang. Pelatihan ini, bekerja sama dengan perusahaan pembuat kopiah ternama, PT. Iming. "Pelatihan ini kerjasama BLK Sumedang dengan PT Iming Bandung. Materi pelatihan pembuatan kopiah sendiri mulai dari membuat pola kopiah dari bahan sampai jadi," ujarnya. 

Tak hanya latihan membuat kopiah, rencananya pemasaran Kampung Kopiah kedepannya akan dibantu oleh PT Iming dengan cara bermitra. "Sangat diperlukan keuletan instruktur untuk ekstra melatih para ibu ibu agar lebih memahami dan menghasilkan produk yang bagus. Apa lagi ada yang betul-betul mulai dari nol," katanya.

Selain akan bermitra dengan PT Iming Bandung, dalam permodalan dan pemasaran, Pemdes Karanglayung juga akan melibatkan Bumdes dalam usaha Kampung Kopiah. "Dengan keahlian yang kita miliki, kami yakin bisa membentuk Kampung Kpoiah. Sehingga kedepannya bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi warga," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)