Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati

DPPKBP3A - Pemkab Sumedang mengusulkan Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong dan Desa Cikondang Kecamatan Ganeas untuk dijadikan lokasi program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ekki Riswandiyah mengatakan nantinya hanya satu Desa yang akan menjadi lokasi program P2WKSS.

"Jadi saat ini kami usulkan 2 desa, nantinya akan ditetapkan satu desa saja oleh pihak Provinsi apakah itu Desa Pasirbiru atau Desa Cikondang melalui SK Gubernur," kata Ekki Senin, 16 Januari 2023.

Menurut Ekki, pengusulan desa yang akan dijadikan lokasi program P2WKSS ini salah satunya didasarkan pada masih tinggi angka kemiskinan dan angka stunting di Desa bersangkutan.

Melalui program P2WKSS ini nantinya program program dari berbagai SKPD terutama yang menyangkut kaum perempuan akan masuk ke sesa bersangkutan. Sehingga pada gilirannya dapat pula meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarajat tentunya sesuai singkatan P2WKSS yaitu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera. 

Lebih lanjut dikatakan Ekki program P2WKSS ini akan berlangsung selama 1 tahun, sehingga diharapkan bisa memberikan perubahan di berbagai sektor.

Sementara, untuk tahun 2022 kemarin program P2WKSS dilaksanakan di Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta. Dan program P2WKSS harus dilakukan di Desa yang berbeda setiap tahunnya. (*) 

(penerbit: sumedangkab.go.id)