SUMEDANGKAB.GO.ID,  JATINUNGGAL- Pemerintah Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinuggal kini sedang merenovasi dua rumah warga yang tidak layak huni. Dua unit rumah tersebut berada di Dusun Pasirpadang  dan Dusun Ciupih.

"Rehab dua rumah tak layak huni sedang kami kerjakan. Mudah-mudahan dalam waktu cepat bisa selesai dan bisa ditempati," ujar Pjs Kades Sarimekar, Cicim Heriyanto, Jumat (6/11/2020).

Kata Cicim, pelaksanaan renovasi rumah tidak layak huni tersebut dialokasikan dari anggaran dana desa melqlui ptogram rumah sehat serta fitambah swadaya masyarakat yang bergotong royong membantu pelaksanaan renovasi tersebut.

"Kami beruntung swadaya dari masyatakat juga lumayan cukup membantu," katanya.

Cicim menyebutkan, meski ditengah pandemi Covid 19, yang cukup menghambat pembangunan di desa karena pengalihan anggaran dana desa untuk penanggulangan dampak Covid 19, pihaknya mencoba untuk menyisihkan anggaran tersebut untuk rumah tidak layak huni.

"Penanganan dampak Covid memang penting, tapi rutilahu ini juga tidak kalah pentingnya, jadi kita sisihkan sedikit untuk renovasi rutilahu," kata Cicim.

Meski anggarannya terbatas, pihaknya optimis dua unit rumah tersebut bisa selesai dengan maksimal, sebab komitmen masyarakatnya untuk memprioritaskan swadaya tidak diragukan lagi.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)