Desa Sukajadi Ingin Memaksimalkan Peran Koperasi


Baca juga : Warga Jangan Mau Diiming-iming Renternir
Koperasi Syariah Masjid Menolong Warga dari Jeratan Renternir


WADO -  Desa Sukajadi, Kecamatan Wado akan memaksimalkan peran koperasi pedesaan.  "Sebagian masyarakat mungkin belum merasakan, sebagian lagi menganggap tidak penting terhadap keberadaan koperasi.  Padahal keberadaan koperasi sangat berperan sebagai lembaga ekonomi yang berada langsung ditengah-tengah masyarakat," Kades Sukajadi, Dede Suhendar, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya, koperasi akan memiliki peran yang sangat besar.  Karena koperasi dekat dan paham betul situasi masyarakat yang sebenarnya.   "Sebenarnya koperasilah yang memiliki kedekatan lebih dengan masyarakat dibanding dengan lembaga keuangan atau lembaga ekonomi lainnya," ujar dia.

Koperasi, kata dia,  akan menjadi pondasi ekonomi masyarakat. Karena koperasi dibangun atas prinsip gerakan ekonomi rakyat. “Sudah selayaknya saat ini semua elemen terutama pemerintah daerah membangkitkan kembali gerakan sadar koperasi sampai tingkat desa,” katanya.

Menurutnya,  keberadaan koperasi akan sangat bermanfaat bagi warga.  Ia juga menggambarkan, Koperasi tidak identik dengan simpan pinjam saja, tapi harus lebih dari itu. Seperti bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah.  "Sebagai lembaga ekonomi yang berada langsung ditengah-tengah masyarakat, koperasi harus menjadi bagian solusi dari pendukung perekonomian warga desa. Seperti permodalan, pemasaran dan jual beli," katanya.

Ia menyebutkan keberadaan koperasi bisa menjadi solusi dalam mengikis maraknya praktek rentenir. Oleh karenanya penguatan koperasi harus digelorakan oleh pemerintah daerah hingga pemerintahan desa. (nsa)


koperasi syariah, renternir

Berita Terkait