WADO - Desa Sukajadi ditunjuk menjadi Kampung Tohaga di wilayah Kecamatan Wado. Menurut Kades Sukajadi Dede Suhendar menyebutkan, desa terpilih jadi kampung tohaga karena memiliki potensi ketahanan pangan yang bersumber dari hasil bumi, dari penguatan budaya dan wisata alam. "Intinya dengan jadi kampung tohaga kami terpacu untuk bisa menjaga ketahanan pangan mandiri melalui beberapa potensi," ujar Dede Sabtu (11/7/2020).

Ia mengatakan, sejumlah sumber daya alam yang mampu membuat ketersedian pangan banyak tersedia di Sukajadi. Seperti, hanjeli, jagung, cengkih dan lainnya. Dari sektor hasil bumi, kata dia, masyarakat Desa Sukajadi mempu meningkatkan ekonominya. Ini dirasakan saat pandemi, warga masih memiliki ketersedian pangan.

Dari sektor wisata alam, tambah Dede, wilayah Desa Sukajadi memiliki tempat wisata potensial. Seperti wisata kebun teh Disbun dan Pesona Cakra. Dua tempat ini menjadi penyumbang pendapatan warga setempat.

Selain itu, katanya, penguatan ketahanan pangan juga bisa dipertahankan melalui budaya. Di Desa Sukajadi budaya gotong royong masih kental. Sehingga ketika ada warga yang kekurangan pangan, warga lainnya akan membantu. "Kampung tohaga adalah program Polri yang harus didukung karena pada intinya adalah bagaimana sebuah wilayah bisa mempertahankan ketwrsdiaan pangan dengan berbagai cara dan dan berbagai potensi," ujarnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)