Desa Sukawening Siapkan Destinasi Wisata Pertanian


Baca juga : Desa Sukawening Siapkan Destinasi Wisata Pertanian
Harum Talas Rebus Sukawening Tercium dari Jarak Jauh


GANEAS - Pemerintah Desa Sukawening, Kecamatan Ganeas kini sedang berupaya membangun destinasi wisata pertanian yang dapat mendongkrak pendapatan desa.

Menurut Camat Ganeas Iman Kardiman dari segi sumber daya alam kawasan Desa Sukawening memang cocok bila dikembangkan menjadi wisata edukasi pertanian.  Ide awal muncul dari tokoh masyarakat di Desa Sukawening dan setelah dilakukan pembicaraan baik ditingkat desa maupun kecamatan memang sangat dimungkinkan bila kawasan tersebut dikembangkan menjadi wisata edukasi pertanian," kata Iman Kardiman, Selasa (11/2/2020).

Dijelaskan Iman untuk pengembangam wisata edukasi pertanian ini rencananya akan memanfaatkan lahan pangangonan milik  Desa Sukawening.  "Ada lahan tanah pangangonan seluas kurang lebih empat hektare yang bisa dikembangkan menjadi wisata edukasi pertanian tersebut," lanjut Iman.

Dijelaskan Iman di lokasi tersebut nantinya akan ditanami berbagai tanaman buah buahan yang cocok dengan iklim di Desa Sukawening. Nantinya pengunjung bisa menikmati buah buah secara langsung, selain itu bisa juga belajar mengenai cara bertanam di lokasi wisata tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Iman letak Desa Sukawenng ini memang cukup strategis bila dikembangkan wisata edukasi pertanian mengingat daerah ini dilintasi para pengunjung ziarah ke makam Dayeuh Luhur. "Jadi kami bisa manfaatkan para pengunjung yang mau atau pulang dari Dayeuh Luhur untuk bisa singgah dulu di lokasi wisata ini," katanya.

Sementara itu untuk pengelolaan lokasi wisata edukasi pertanian ini rencananya akan dilaksanakan pihak Bumdes Sukawening. “Tentunya ini menjadi terobosan baru, dan diharapkan bisa menambah pendapatam desa yang berdampak pada meningkatnya tingkat pendapatan masyarakat," jelas Iman. (end)


Wisata Pertanian, Sukawening, Ganeas

Berita Terkait