Desa Sundamekar Bakal Canangkan Desa Sentra Wide


Baca juga : Desa Sundamekar di Cisitu Tak Lagi Sulit Air Bersih
Desa Sundamekar Bakal Canangkan Desa Sentra Wide


SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU – Desa Sundamekar, KEcamatan Cisitu berencana akan mencanangkan desanya menjadi Desa Sentra Wide. Wide adalah bambu yang diuntai menjadi sebuah tirai atau pembatas. Menurut Sekretaris Desa Sundamekar, Rohendi, di desanya ada 400 KK yangmenekuni produksi wide/kerey. Usaha ini sudah menjadi usaha turun temurun.

"Kami dari dulu sudah menekuni pembuatan wide/kerey. Meski hanya dilakukan di masing-masing rumah warga. Dulu sih hanya beberapa jeluarga saja. Tapi saat ini yang menproduksi wide sampai ratusan keluarga," ujar Sekretaris Desa Sundamekar, Rohendi, Jumat (6/12/2019).

Menurutnya, produksi wide memang berdasar order atau permintaan dari konsumen. Tapi banyak juga warga yang memproduksi untuk stok. Sebab konsumen tak hanya dari pemesan dalam kapasitas banyak tapi banyak juga konsumen pribadi yang membeli satu atau dua buah wide.

"Ada peningkatan pesanan makanya sekarang warga yang memproduksi sangat banyak," katanya.

Wide hasil produksi Desa Sundamekar, berbahan baku bambu lokal. Diproduksi melalui proses yang berkualitas. Sehingga produksinya mampu bertahan puluhan tahun.

Harga wide bervariasi terganyung dari ukuran wide itu sendiri. Tapi, kata Hendi harga secara umum bwrkisar dari Rp.50.000 hingga Rp.250.000. Untuk ukuran wide dari mulai lebar150-250 cm dan panjang 180-200 cm. Pasaranm wide menembus luar daerah seperti Cirebon, Bogor dan Jakarta.  Poduksi wide akan terus dilestarikan bahkan akan dilakukan pengembangan hingga tata kelola pemasaran. ***(nsa)


sundamekar, cisitu, wide

Berita Terkait