Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

SUNDAMEKAR - Ratusan bibit pohon ditanam di tanah kas desa Dusun Cimara, Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu. Bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Cimanuk-Citanduy.

Kepala Desa Sundamekar, Imam Mulyono mengatakan, penanaman bibit pohon merupakan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Methode Bibit Produktif dari BPDAS Cimanuk-Citanduy. "Ada 100 bibit pohon yang ditanam di tanah kas desa Dusun Cimara, yakni pohon petai dan pohon alpukat," kata Imam, Sabtu (9/12/2023).

Bibit pohon tersebut ditanam oleh kelompok tani Tagog. Dimana hasil panenannya juga bisa dijual oleh kelompok tani tersebut. "Ditanam oleh kelompok tani Tagog Desa Sundamekar, nanti hasil panenannya bisa dijual atau diolah oleh kelompok tani, dengan begitu bisa membantu para petani," ujarnya.

Lebih jauhnya kata Imam, RLH merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan. "Melalui RLH melestarikan lingkungan, mencegah bencana alam seperti longsor dan banjir, karena secara geografis wilayah Sundamekar ini memang rawan longsor," katanya. [*].

(penerbit: sumedangkab.go.id)