CISITU - Upaya pengembangan wisata di seputar Kawasan Batudua, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu sangat potensial.  Pengembangan wisata tak hanya di areal kawasan tempat  paralayang saja. Tapi sepanjang jalan lintasan ke Batudua juga bisa dikembangkan untuk wisata alam, tempat peristirahatan dan warung kuliner

"Kami membangun saung di pinggir jalan memanfaatkan lalu lintas pengunjung yang ke areal puncak Batudua. Alhamdulillah bisa berkembang, karena banyak juga yang mampir," ujar pemilik Saung Lamping,  Asep Yaya, Jumat (12/6/2020).

Kata dia, Saung Lamping membuka usaha tempat istirahat, warung makan serta kopi.  Dengan dipengkapi sejumlah gazebo, pengunjung bisa beristirahat baik yang hendak ke areal Batudua maupun yang pulang dari puncak Batudua.  Konsep Saung Lamping juga akan dikembangkan menjadi wisata edukasi alam dan pertanian.  "Peluang ini karena seputaran Batudua memiliki pemandangan yang bagus. Lalu lintas pengunjung ke Batudua disaat normal begitu lumayan banyak," katanya.

Kata Asep saat ini, usaha serupa banyak di buka oleh warga lainnya. Diharapkan Batudua sebagai kawasan sentral wisatanya membuka peluang bagi warga yang memiliki lahan di sepanjang jalan ke puncak Batudua. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)