Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi 

CISEMA - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar konsolidasi maraton putaran kedua bersama  para camat  di Taman Seribu Cahaya (TSC) Cisema, Darmaraja  selama dua hari, mulai hari Rabu-Kamis,  11-12 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Pemerintahan Prof. Muchlis Hamdi , MPA.,Ph.d dan Dr. H. Apep Fajar Kurniawan, S.Th.I, M.Si, M.M Staf Khusus Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan.

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan, dalam tata kelola pemerintahan, birokrasi saat ini harus senantiasa menghadirkan hati, harmoni dan terus bergerak untuk kesejahteraan masyarakat. Jika sebelumnya kecepatannya hanya 120 km perjam, maka kinerja kecamatan harus lebih di gaspol di kecepatan ke 140 km/jam.  "Dalam tata kelola pemerintahan setelah menghadirkan hati bangun harmoni. Terakhir, hal yang tidak penting adalah terus bergerak secara konsisten,"ujarnya.

Stafsus Mendagri Bidang Pemerintahan, Prof. Muchlis Hamdi  menyampaikan,apapun yang dilakukan birokrasi harus menghadirkan pemerintahan demi mewujudkan kemakmuran rakyat. Menurutnya, teknologi sangat membantu tetapi pada akhirnya Sumber Daya Manusia adalah kontrol utamanya arau dengan kata lain the man behind the system yang menbuat semua itu bermakna dan bermanfaat untuk semua. "Apapun sistem pemerintahannya, yang terpenting ada semangat dari para penyelenggara pemerintahan. Dengan semangat yang tinggi insyaallah semua itu bisa mengalir perlahan dan masyarakat berkembang," katanya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)