DINKES - Dinas Kesehatan melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) saat ini sudah mulai melaksanakan program mengantar obat ke pasien atau Nganteuran Obat Sangkan teu Antri Panjang (Ngarantang) sehingga pasien tidak petlu datang ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Kabid SDK Ekki Riswandiyah mengatakan upaya ini dilakukan untuk membantu pasien dalam mendapatkan obat. "Untuk kegjatan Ngarantang ini memang tidak semua pasien bisa mendapatkannya, namun ada kriteria khusus," jelas Ekki Kamis (17/12/2020).

Dijelaskannya,  pasien yang mendapatkan obat lewar program ngarantang adalah pasien lansia atau pasien yang jarak dari rumahnya ke paskes tingkat pertama jauh. "Ada petugas yang memegang program ini di puskesmas untuk mengantarkan obat sesuai degan alamat pasien tersebut," katanya.

Diakui Ekki program ini mendapatkan respon yang baik dari pasien, umumnya mereka merasa senang dan terbantu karena tidak mesti lagi ngambil obat ke faskes I. "Kalau ngambil sendiri mungkin repot,  belum lagi harus antre dan mengeluarkan biaya untuk tranfortasi dari tempat tinggal ke faskes I yang ditanggung sendiri sehingga adanya program ini diharapkan bisa membantu," jelas Ekki. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)