SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Kepala Dinas Kesehatan Sumedang Dadang Sulaeman menyampaikan dalam pemaparannya di Rapat Sosialisasi Penyelenggaraan Resepsi Pernikahan dan Hiburan, di Ruang Rapat Disparbudpora Kabupaten Sumedang, Senin (13/7/2020), bahwa potensi penyebaran covid masih sangat besar. 
"Potensi penyebaran covid masih sangat besar, penyebaran melalui kontak langsung antar manusia, yang harus dilakukan adalah 4M tetap harus diterapkan," kata Dadang. 
Dadang menyebutkan, sebanyak 65% pasien covid tidak bergejala bahkan dapat dikatakan bahwa pasien di Sumedang 100% tidak bergejala. Itulah sebabnya, untuk menghindari resiko saat hajatan protokol kesehatan harus sangat ketat.
"Harus ada jarak, salaman harus diatur pakai sarung tangan atau tanpa bersentuhan, saat duduk harus diatur, " tambahnya. 
Dadang menjelaskan dari sisi kesehatan hiburan sebenarnya hal positif yang membuat orang bahagia dan tenang, namun dimasa pandemi perizinan hiburan harus perlu dipertimbangkan dengan matang bukan karena pengaruh hiburannya melainkan hal-hal yang tidak dapat dihindarkan dari hiburan seperti berkerumun.
"Seni membuat orang bahagia dan tenang, yang menjadi masalah bukan hiburannya tapi berdekatannya, dangdutan apa bisa diatur jaraknya itu harus didiskusikan dengan baik, kita jangan terlalu khawatir tapi jangan terlalu santai, lebih baik mencegah dari pada sakit, mari buat kabupaten Sumedang bebas covid, kasus yang terjadi di Sumedang seluruhnya import dari kabupaten/kota lain," jelasnya lagi.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)