DINKES - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meninjau kegiatan operasi katarak yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang di Gedung Katarak Center Jalan Pangeran Kornel Sumedang Selasa (24/11/2020). Kegiatan yang diikuti 50 peserta tersebut digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tingkat Kabupaten Sumedang.

Menurut bupati kegiatan operasi katarak adalah salah satu ikhtiar dari Pemkab Sumedang untuk menurunkan angka kebutaan di Kabupaten Sumedang. "Semoga dengan operasi katarak ini, bisa membantu masyarakat dalam penglihatannya sehingga bisa beraktivitas lagi dan saya harap operasinya berjalan lancar," kata bupati.

Di sela sela kunjungannya tersebut bupati juga tak lupa mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhirnya. "Saya harapkan masyarakat Kabupaten Sumedang tetap mematuhi 4 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Covid belum selesai dan saya ingin masyarakat Kabupaten Sumedang selalu sehat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan bagi Dinkes Sumedang kegiatan operasi katarak sudah rutin digelar setiap tahun.
"Untuk tahun sekarang dilaksanakan untuk memperingatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 hasil kerja sama dengan Cicendo dan Perdami (Persatuan Dokter Mata Indonesia)," jelas Dadang.

Lebih lanjut dikatakan Dadang, untuk tahun ini yang akan dioperasi seharusnya ada 300 orang. Namun berkenaan dengan Covid-19 jumlahnya dibatasi, jadi hanya 50 orang yang bisa ikut. Sementara itu ke 50 pasien yang menjalani operasi katarak dalam kesempatan tersebut juga mendapatkan bantuan paket sembako dari BAZNas Sumedang. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)