Dinkes Sediakan Layanan Traum Healing Akibat Longsor


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Giliran Kecamatan Cimanggung, Lagi-lagi PT Kahatex Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana


SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menyediakan layanan pemulihan psikologi korban bencana, yaitu dengan melakukan edukasi, penyuluhan keliling dan trauma healing.

"Trauma healing ini penting dilakukan dengan harapan korban bencana bisa benar-benar sembuh dari traumanya dan bisa menjalani kembali kehidupannya sebagaimana sebelum mengalami bencana,"  kata Sekretaris Dinas Kesehatan Uyu Wahyudin, Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan Uyu, sehubungan terjadinya bencana bersamaan dengam masa pandemi covid 19, pihaknya juga tak lupa membagikan masker dan handsanitizer dalam rangka protokol kesehatan.

"Kami juga melakukan desinfektan tempat-tempat pelayanan kesehatan dan tempat umum," tandasnya.

Selain pemulihan trauma untuk korban bencana, para relawan dan seluruh petugas yang terlibat dalam mengatasi korban bencana terutama petugas yang mencari korban juga membutuhkannya.

“Bencana alam juga memengaruhi relawan dan petugas medis yang bertugas. Namun karena mengemban tugas penting, mereka harus pandai mengelola stres dan mendapatkan pemulihan atas traumanya sendiri. Hal ini perlu dilakukan agar mereka selalu siap dan percaya diri dalam menjalankan tugasnya,” kata Uyu.***(edk)


longsor, cimanggung

Berita Terkait