SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Berbasis Masyarakat di Aula Asia Plaza Sumedang, Rabu (2/12/2020). Kegiatan ini mengundang para tokoh masyarakat, tokoh agama dan kader sebagai peserta. Para peserta merupakan satgas Covid-19 tingkat desa.
"Di sini kami sampaikan bagaimana para surveilanse berbasis masyarakat, penanganan Covid-19 dilakukan secara preventif, promotif," kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sumedang, dr. Renny Kurniawati Anton.
Dinkes juga memberikan panduan tentang bagaimana satgas Covid-19 di tiap desa ini bisa membantu pemerintah dalam memutus penularan Covid-19. Seperti diberi arahan tentang isoman (isolasi mandiri), kapan dilakukan, bagaimana saat ada penderita Covid-19 di desa. 
Lebih jauh dikatakan, di masa pandemi ini Satgas Covid-19 Sumedang ditargetkan untuk melakukan Key Performance Information.
"Jadi dalam pengendalian pelaksanaan dan pencegahan Covid-19 kami selalu melakukan testing dengan swab, dan tracing terhadap kontak erat itu juga dengan swab," katanya.
Menurut Renny, meningkatnya angka kasus Covid-19 di wilayah Sumedang adalah karena masifnya testing dan tracing. Adapun proses isolasi dilakukan di rumah sakit bagi pasien Covid-19 yang bergejala, dan secara mandiri bagi mereka yang tidak bergejala.
"Kami juga memberikan buku saku, yang akan menjadi panduan penanganan Covid-19 bagi satgas Covid-19 di desa," ucapnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)