Disbudparpora Kirim Surat ke Arkeolog Minta Teliti Batu di Nagrak Buahdua


Baca juga : Warga Nagrak Buahdua Temukan Ribuan Batu Misterius


BUAHDUA - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan pihaknya sudah memberikan surat resmi kepada pihak arkeolog, terkait penemuan ribuan batu misterius di blok Pasirlandak Desa Nagrak Kecamatan Buahdua.

Ia berharap pihak arkeolog segera meninjau lokasi penemuan batu tersebut. "Sudah kita share penemuan batu ini ke pihak arkeolog, dan responnya sangat antusias. Mudah-mudahan bisa segera datang dan meninjau dan diteliti," ujar Hari, Senin (8/2/2020).

Menurutnya, lokasi penemuan batu tersebut harus ditindaklanjuti dengan penelitian oleh pihak terkait. Langkah tersebut untuk mengetahui apakah tumpukan ribuan batu berukuran besar tersebut dilakukan oleh manusia atau karena faktor lainnya. "Perlu ditinjau lebih lanjut, apakah secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan atau tidak," katanya.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya mendorong lokasi tersebut menjadi objek wisata. Ia pun mengimbau agar masyarakat menjaga keberadaan batu-batu tersebut. Selain itu, Hari juga mendorong pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat agar membenahi akses menuju lokasi penemuan batu-batu. "Akan kami kelola lebih lagi. Sebab lokasi ini punya potensi jadi tempat wisata. Ada curug juga di lokasi ini. Camat dan kepala desa juga agar mengelola aksesbilitas, agar jalannya bisa diakses masyarakat," ujarnya. (agn)


Nagrak, Batu Besar, Pasirlandak

Berita Terkait