Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DISKANAK - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang pada tahun 2024 ini akan memberikan bantuan kambing etawa kepada semua desa/kelurahan.

Kepala Diskanak Kabupaten Sumedang Tono Suhartono mengatakan, bantuan kambing etawa ini bersumber dari anggaran Kementrian Pertanian (Kementan) untuk  kelompok ternak di 277 Desa/Kelurahan. "Untuk bantuan ini kami mengusulkan per desa/kelurahan 20 ekor, namun demikian berapa nanti realisasi setiap desa/kelurahan disesuaikan dengan anggaran Kementan," jelas Tono Minggu, 3 Maret 2024.

Dijelaskan Tono, dengan adanya bantuan kambing etawa yang akan diterima setiap Desa/Kelurahan diharapkan juga dapat turut meningkatkan dan menggairahkan sektor peternakan di Kabupaten Sumedang. Dipilih kambing etawa karena jenis kambing ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis lainnya. "Selain dimanfaatkan dagingnya, kambing etawa ini bisa dimanfaatkan susunya, jadi dari segi penghasilan peternak double, jangka pendek dari susu dan jangka panjangnya dari dagingnya," jelas Tono. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)