CIMALAKA - Selasa (24/11/2020) Sisdal (Sisitem Informasi Data Spasial) adalah aplikasi berbasis web yang menyajikan informasi berbentuk data spasial bagi Publik atau masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang melalui Bidang Statistik melaksanakan kegiatan Pelatihan/Bintek Data Spasial, bertempat di RM Joglo Serang Kecamatan Cimalaka.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Diskominfosanditik (Drs. Kemal Idris. MP.S.Sp),di dampingi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Mulyani Toibah.SE.,ME), selaku Narasumber, Kepala Bidang Statistik (Winy N Widiashanty, S.Sos.,M.Si), Kasi Sektoral Bidang Sosial dan Ekonomi serta Kasi Statistik Sektoral Bidang Politik Hukum dan Ham dan diikuti oleh para Peserta dari 26 Kecamatan se Kabupaten Sumedang.

Sekretaris Diskominfosanditik menyampaikan saat ini data spasial menjadi media penting untuk perencanaan pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan pada cakupan wilayah continental, nasional, regional. Pemanfaatan data spasial semakin meningkat setelah adanya teknologi pemetaan digital dan pemanfaatannya.

Bila kita mengakses pada link sisdal.sumedangkab.go.id akan muncul tampilan 4 menu utama yaitu:

1. Menu Home adalah menu awal bagi publik yang menampilkan peta

2. Menu profil adalah menu pembuat aplikasi Diskominfosanditik

3. Menu katagori adalah katagori apa saja yang di sediakan untuk publik

4. Menu kontak adalah kontak yang ditampilkan terkait aplikasi sisdal ini

Diharapkan kepada operator di masing-masing Kecamatan dapat mengikuti kegiatan bintek ini dengan sebaik-baiknya, karena aplikasi ini berguna untuk memberi informasi terkait data-data dan Program Pemerintah Sumedang. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)