Disnakertrans Berangkatkan 5 Tenaga Kerja ke Jepang


Baca juga : Pemkab Sumedang MoU dengan NHI Bandung Bangun Ekosistem Parawisata
Disnakertrans Berangkatkan 5 Tenaga Kerja ke Jepang


DISNAKERTRANS –  Tindak lanjut kerja sama dan MoU Pemkab Sumedang dengan Jepang di bidang ketenagakerjaan, Disnakertrans Sumedang sudah memberangkatkan lima orang tenaga kerja dari Sumedang ke Jepang, Selasa 17 November 2020. "Alhamdulilah pada Selasa (17/11/2020) kemarin sebanyak 5 orang tenaga kerja asal Sumedang sudah dibernagkatkan ke Jepang," kata Kepala Disnakertrans Asep Sudraja,t Jumat (20/11/2020).

Kelima orang yang berangkat yaitu Egnes Riana, Encep Adang Nugraha, Nono Wartono, Jayastya Putra dan Muhammad Hilman Pajar Nugraha berangkat melalui Program Magang (Ginoujisyu) di Jepang Lembaga Pelatihan Kerja Mirai Nusantara. “Disnakertrans menyiapkan calon tenaga kerja ke Jepang sebanyak 50 orang. Untuk tahap pertama diberangkatkan lima orang. Tahap kedua berangkat pada Bulan Desember sebanyak 15 orang. Kegiatan ini berlanjut tahun 2021. Mereka yang berangkat sudah mendapatkan kontrak,” katanya.

Asep mengatakan, untuk bisa berangkat bekerja ke Jepang baik melalui program magang maupun tenaga kerja ahli, perlu dipersiapkan pengetahuan bahasa dan budaya Jepang minimal selama 4 bulan. “Tenaga kerja yang berangkat benar-benar yang kompeten di bidangnya karena telah melewati beberapa tahapan seleksi dan pelatihan,” ujarnya.

Kemudian mengikuti seleksi wawancara dengan perusahaan Jepang. Kalau sudah terpilih, masuk tahap pemantapan bahasa dan keahlian selama 3 bulan sambil mengurus dokumen. Dibutuhkan waktu minimal 8 bulan persiapannya.

Kerjasama bidang tenaga kerja ini merupakan tindak lanjut kunjungan Bupati Dony Ahmad Munir  ke Jepang dan dibalas pemerintahan Wakayama Jepang berkunjung ke Sumedang pertengahan tahun 2019. (end)


MoU, Tenaga Kerja, Jepang

Berita Terkait