Domba Siap Sembelih digembala di Sawah Bera


Baca juga : Domba Siap Sembelih digembala di Sawah Bera


SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANGUTARA -
Areal pesawahan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, yang diberakan atau tidak diolah akibat kekurangan air kini mulai dimanfaatkan para peternak domba untuk menggembalakan ternak peliharaannya.
Menurut Joni (50), salah seorang peternak adanya areal sawah yang tidak diolah memang cukup membantu peternak dalam memberi pakan.
"Setidaknya kalau siang hari domba kami abur saja di areal sawah yang tidak di olah sehingga kami tidak perlu memberi pakan," jelas Joni, Minggu(28/6/2020).
Ditambahkannya secara kebetulan rumput rumput di sekitar sawah yang tidak di olah tumbuh subur sehingga domba domba tidak berkeliaran jauh.
Dijelaskan Joni yang memiliki 5 ekor domba, dalam sehari biasanya dihabiskan lebih dari satu karung pakan rumput, namun sekarang karena siang harinya digembala, pakan satu karung juga tidak habis.
Lebih lanjut dikatakan, jelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal sebulan lagi diharapkan harga ternak untuk kurban khususnya domba akan baik.
"Walaupun saat ini sedang musim korona, saya berharap masih banyak masyarakat yang membutuhkan hewan kurban," jelasnya.
Diakui Joni dari 5 ekor domba yang ia pelihara, 2 ekor diantaranya adalah domba jantan yang secara umur sudah siap untuk kurban.
"Datangnya Idul Adha bagi kami kaum peternak adalah panen, karena saat itulah domba jantan memiliki harga yang baik dibandingkan hari hari biasa," tandasnya.*** (end).


Idul adha, kurban, domba

Berita Terkait