DPMD Motivasi Desa agar Bentuk Bumdes


Baca juga : Desa Karanglayung Bersiap Jadi Kampung Kopiah


SUMEDANGKAB.GO.ID, DPMD - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang terus memotivasi pemerintahan desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Saat ini, dari 270 Desa yang ada, sebanyak 258 desa telah memiliki Bumdes. Selain itu, dalam waktu dekat ini, ada 6 desa menyatakan siap membentuk Bumdes.

“Tersisa enam desa yang belum membentuk Bumdes dan dalam waktu dekat ini akan membentuk juga,” kata Khadir Gumilar, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Sumedang, Jumat (21/12/2019).

Menurut Khaidir, faktor  belum terbentuknya Bumdes di enam desaakibat terkenda SDM. Begitu juga dengandesa-desa lainnya yang hingga saat ini masih terkendala dengan SDM namun sedikit-demi sedikit sudah berjalan baik.

Akan tetapi, DPMD menyebutkan kendala tersebut sebaiknya tidak menjadi alasan. Yang terpenting adalah adanya keinginan dari desa tersebut membentuk Bumdes yang dapat membantu meningkatlan pendapatan desa.

“Untuk terbentuknya Bumdes di setiap desa, DPMD Kabupaten Sumedang tak segan segan turun ke.lapangan untuk memberikan motivasi dan tambahan wawasan,” kata Khaidir.

Lebih lanjut dikatakan Khaidir salah satu Bumdes di Sumedang yang sudah benar benar berjalan dalam bidang usaha adalah Bumdes Citali, dimana Bumdes inipun telah mampu memberikan pendapatan untuk desa. Bumdes Desa Citali omsetnya telah mencapai Rp 1,6 M dan masuk katagori Bumdes berkembang.***(vrs)


bumdes

Berita Terkait