DPPKB - Dinas Pengendalian Penduduk dam Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang saat ini sedang melakukan pemilihan Duta Gen-Re (generasi berencana).

Kabid Keluarga Berencana DPPKB Sumedang Euis Yuliantini mengatakan sejauh ini pihak DPPKB Kabupaten Sumedang telah melakukan seleksi tahap I untuk pemilihan Duta Gen-Re tersebut. "Ada 66 peserta (33 wanita dan 33 laki laki) yang mendaftar menjadi Duta Gen-Re ini, dimana per kecamatan ada yang mengirim 1 pasang dan ada juga yang lebih tergantung PIK-R di Kecamatan tersebut," jelas Euis, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskan Euis setelah dilakukan proses seleksi tahap pertama  kini tersisa 13 pasang yang selanjutnya akan dipilih 6 pasang atau 12 orang sebagai juara 1,2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3. Seleksi Duta GenRe sama halnya dengan mojag jajaka, hanya saja pada seleksi Duta Gen-Re ini lebih kepada edukasi mengenai permasalahan remaja.
“Peserta yang diseleksi dilihat SDM-nya, wawasan kebangsaan, tentang PIK-R dimana di dalamnya ada TRIAD KRR yaitu pernikahan dini, terhindar dari Sex bebas dan HIV serta terhindar dari bahaya narkoba," katanya. 

Lebih lanjut dikatakan Euis kegiatan inipun dilaksanakam dalam upaya menjaring pasangan Gen-Re yang akan mewakili Kabupaten Sumedang ke tingkat Provins Jabar. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)